Ini 5 Tips Sukses Untuk Fresh Graduate Sukses Memasuki Dunia Kerja

Infokerjambi.blog
2 min readJun 22, 2021

Bagi kamu yang ini masuk ke dalam dunia kerja menjadi sebuah tantangan yang tidak mudah bagi sebagian besar tenaga kerja yang baru lulus (fresh graduate). Tentu hal ini sangat berbeda saat masih berada di dunia sekolah, seperti misalnya melanjutkan ke pendidikan ke jenjang perkuliahan. Dunia kerja dipenuhi dengan beragam hal-hal baru dan kebanyakan orang pasti akan mengalami tantangan serius saat memasuki dunia kerja tersebut.

Ketika pertama kali memasuki dunia kerja, pasti ada banyak hal yang masuk ke dalam pikiran seseorang. Misalnya saja seperti rekan kerja yang ditemui, bagaimanakah lingkungan kerja yang akan dihadapi dan masih banyak lagi lainnya yang memenuhi pikirannya. Nah, agar sukses dalam memasuki dunia kerja, khususnya bagi para fresh graduate, berikut ini ada beberapa tips dasar yang dapat dilakukan untuk memasukinya dengan baik dan benar.

1. Mematangkan Skill dan Keterampilan

Banyak perusahaan pasti memiliki kriteria tertentu dalam mencari karyawan dan kebanyakan karyawan yang diterima adalah mereka yang memiliki skill dan keterampilan yang beragam serta matang. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mempersiapkan diri sendiri dengan baik untuk mencari tahu hal apa sajakah yang perlu ditingkatkan. Skill yang dibutuhkan dan keterampilan penunjang lainnya. Caranya pun beragam, seperti mengambil pendidikan tambahan yang sesuai dengan keahlian tersebut, mengikuti kursus dan lain sebagainya.

2. Amati Lingkungan Kerja Dengan Baik

Mengamati lingkungan kerja yang baru membutuhkan kesabaran dan kerendahan hati, oleh sebab itu kemampuan dalam beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan adalah prioritas utama saat bersosialisasi dengan rekan-rekan kerja di tempat baru. Dan pastikan kehadiran Anda tidak menciptakan beban yang baru atas performa tim kerja yang sudah berjalan dengan baik.

3. Mempersiapkan Mental dengan Baik

Dunia kerja akan menghadapkan seseorang kepada banyak hal baru, termasuk bertemu dengan tekanan-tekanan yang mungkin dapat menjatuhkan mental. Sebut saja seperti bos yang perfeksionis dan pemarah. Buatlah mental Anda sekuat mungkin, karena jika tidak maka anda akan mudah jatuh ketika mungkin saat sedang dimarahi oleh atasan. Siapkan mental dengan baik dan redam emosi anda ketika hal itu terjadi.

4. Mencintai Pekerjaan

Untuk menghindari tekanan dan stres akibat pekerjaan, maka berusahalah dan belajar untuk mencintai pekerjaan yang Anda miliki sekarang. Belajar mencintai pekerjaan memang bukan hal yang mudah, terutama jika pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan minat anda. Namun, belajarlah untuk tetap mencintainya dan cukup nikmati saja

5. Belajar Berkomunikasi Secara Aktif

Salah satu kunci sukses di dalam dunia kerja adalah mau untuk terus belajar, khususnya dalam berkomunikasi. Caranya, jangan menjadi orang yang pasif. Sebaliknya, jadilah orang yang aktif bertanya kepada rekan kerja yang lain yang lebih dulu bekerja di sana ataupun pimpinan jika Anda mengalami suatu kebingungan.

Semoga bermanfaat, sampai jumpa pada artikel selanjutnya

Jangan lupa Follow instagram @infokerjambi

BERBAGI

--

--