Kamu Anak IPA ? Berikut Daftar Jurusan Kuliah Yang Bisa Kamu Coba

Infokerjambi.blog
3 min readAug 3, 2022

--

#infokerjambi #siapkerja #tipsinfokerjambi #kuliah2022

Ada banyak sekali jurusan kuliah ipa yang menjamin masa depan, salah satunya adalah beberapa contoh jurusan yang akan minkerjambi bahas pada pembahasan kali ini, bagi kamu yang penasaran jurusan jurusan kuliah ipa apa saja yang bisa menjamin masa depan.

Source Image-Universitas Ciputra

Jurusan Imu Keperawatan

Ketika sudah lulus di samping menjadi perawat rumah sakit kamu juga bisa menjadi seorang perawat bagi lansia ataupun pengasuh anak hingga menjadi seorang terapis, bagi kamu yang ingin memilih jurusan ini kamu bisa memilih beberapa kampus yang menyediakan jurusan ilmu keperawatan salah satunya seperti Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, universitas muhamadiyah palembang, stikes HI Jambi dan lain-lain

Jurusan Psikologi

Pada jurusan ini kamu akan mempelajari mengenai mental, pikiran, serta perilaku manusia secara mendalam dan juga mempelajari alasan yang melatarbelakangi perilaku tersebut.

Dalam jurusan ini ada beberapa peminatan yang bisa dipilih yaitu salah satunya seperti psikologi klinis, industri dan organisasi, pendidikan, dan juga masih banyak lagi. Pada jurusan ini tidak semua jurusan psikologi masuk dalam rumpun saintek oleh karena itu ketika kamu ingin masuk jurusan psikologi kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu.

Jurusan Farmasi

Berikutnya adalah jurusan farmasi, jurusan ini merupakan salah satu jurusan IPA yang bisa dibilang sepi peminat namun memiliki prospek yang baik untuk masa depan, pada jurusan ini nantinya kamu akan mempelajari bagaimana cara meracik obat dan juga mengaplikasikannya hal ini tentu saja akan sangat cocok bagi kamu para perempuan yang teliti.

Untuk prospek kerjanya sendiri jurusan farmasi memiliki banyak prospek kerja salah satunya seperti menjadi seorang apoteker, juga menjadi peneliti di perusahaan obat ataupun pangan dan juga kosmetik.

Salah satu Siswa SMA Jurusan IPA di Indonesia

Jurusan Kedokteran

Jurusan ini menjadi salah satu jurusan yang memiliki banyak sekali peminat. Nantinya ketika kamu masuk pada jurusan kedokteran kamu harus siap jika diberi tugas untuk berjaga pada malam hari meskipun demikian jurusan kedokteran ini memiliki prospek yang sangat cerah kedepannya oleh karena itu bagi kamu para perempuan jurusan ini sangat cocok untuk dipilih.

Jika kalian lulus pada jurusan kedokteran kamu bisa menjadi dokter dengan berbagai profesi mulai dari dokter umum, dokter anak, dokter gigi, dokter hewan. Kamu bisa memilih sesuai dengan minat kamu. Di Indonesia sendiri ada beberapa perguruan tinggi negeri yang memiliki jurusan kedokteran terbaik, bagi kamu yang ingin masuk pada jurusan kedokteran kamu bisa memilih Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, dan yang terakhir adalah Universitas Padjadjaran.

Jurusan Ilmu Gizi

Berikutnya adalah jurusan ilmu gizi, pada jurusan ini kamu akan mempelajari berbagai jenis nutrisi yang nantinya berhubungan dengan kehidupan manusia, selain itu kamu juga akan mempelajari mengenai pengaturan makan ataupun diet serta penyediaan informasi mengenai asupan gizi dan sebagainya.

Lulusan ilmu gizi nantinya bisa bekerja menjadi seorang konsultan gigi pada fasilitas kesehatan dan juga pendidikan, bagi kamu yang ingin masuk jurusan ilmu gizi kamu bisa memilih beberapa perguruan tinggi negeri ini, yang pertama adalah institut pertanian Bogor, Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, Universitas gadjah Mada, dan yang terakhir Universitas Soedirman.

Jurusan Teknologi Pangan

Jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan yang terakhir adalah jurusan teknologi pangan, di era modern seperti sekarang ini tentunya kita membutuhkan produk makanan yang aman serta menyehatkan untuk kebutuhan tubuh kita. Oleh karena itu pada jurusan teknologi pangan nantinya kamu akan belajar mengenai komponen kimia serta biologis yang ada pada makanan. Contohnya seperti belajar mengenai teknik pengawetan, proses produksi, pengemasan, juga penyimpanan makanan.

Lulusan dari jurusan teknologi pangan ini nantinya bisa menjadi seorang quality control dari sebuah produk di industri makanan dan juga minuman, selain itu kamu juga bisa menjadi seorang R&D atau research and development di sebuah pengembangan produk

Kurang lebih itu yang bisa minkerjambi share ke kamu, semoga bermanfaat ya.

Tapi jangan lupa ya, semua kembali lagi ke Allah Subhanahuwa’ata ala. Bagaimana pun untuk meraih masa depan yang baik kamu tetap harus berusaha.

“Air bagian dari rezeki, termasuk takdir baik. Tapi jika tidak ada usaha dan ikhtiar untuk membuka botolnya, bagaimana (air dalam botol) bisa masuk ke mulut,” kata Ustadz Abdul Somad

Dan jangan lupa follow akun instagram @infokerjambi dan dapatkan informasi kerja wilayah jambi sertakunjungi situs www.infokerja.id, see yuu. Good Luck

--

--