Ketahui dirimu, siapa kamu

Kebanyakan pilihan yang kita buat dalam hidup, baik itu pilihan karir atau gaya hidup, dibuat berdasarkan pendapat orang lain, seperti anggota keluarga dan teman. Semua keputusan dipengaruhi oleh orang-orang di sekitar kita, Pada saat seperti itu, mengenal diri sendiri dan memahami kepribadian bisa menjadi sebuah tantangan.

Anda dapat dengan mudah bingung antara apa yang diinginkan diri sendiri dan keinginan orang tua. Adalah normal pada saat-saat seperti itu, kehilangan nilai dan keinginan inti kita. Ada saatnya kita ingin mengenal diri sendiri lebih baik untuk mengetahui siapa kita sebenarnya dan apa yang sebenarnya kita inginkan.

Berikut ini 4 cara untuk lebih mengenal diri sendiri dan memahami kepribadian Anda, seperti dilansir dari laman Pinkvilla

1. Ketahui kekuatan dan kelemahan Anda

Untuk mengetahui diri Anda lebih baik, penting untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan Anda. Amati dan nilai bidang yang Anda kuasai dan bidang yang kurang Anda miliki. Ini tidak hanya akan membantu Anda dalam menentukan tujuan hidup, tetapi juga akan membantu Anda dalam mengidentifikasi keterbatasan dan mengatasinya.

2. Tangani dan analisis pikiran Anda

Perhatikan pikiran bawah sadar dan analisis serta amati setiap pikiran yang muncul di benak Anda. Pertanyakan keyakinan, ide, dan proses berpikir Anda untuk mengetahui diri Anda lebih baik dan untuk mengetahui apa yang diinginkan dari kehidupan.

3. Buat jurnal

Membuat jurnal dan menuliskan pikiran Anda setiap hari dapat membantu Anda mengenal diri sendiri. Anda dapat dengan mudah terlibat dalam refleksi diri dan mengetahui pola pikir dan proses berpikir. Ini juga membantu Anda dalam membaca reaksi dan mengenali ide dan tujuan diri sendiri.

4. Tentukan nilai inti Anda

Nilai inti Anda mencakup daftar nilai yang penting bagi Anda dan yang diikuti dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menentukan nilai-nilai inti, Anda akan dapat menguji moral, cita-cita, dan keyakinan. Ini dapat membantu Anda dalam membuat pilihan karier dan memutuskan tujuan serta prioritas hidup Anda.

--

--

Baca artikel infokerjambi

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store