Pengalaman Kerja Online di LionBridge Indonesia

Infokerjambi.blog
5 min readDec 12, 2021

Hi, di artikel kali ini infokerjambi akan membagi pengalaman oleh akun @Thewebadventure pengalaman tentang bekerja secara online atau remote di situs kerja Online LionBridge sekaligus memberikan review mengenai pekerjaan di Lionbridge.

Kalian juga bisa menonton video review tentang LionBridge di Channel Youtube beliau

Link : Pengalama Kerja di LionBridge

Image SS — Infokerjambi

Bagi yang mau lanjut baca, kita lanjutkan review dan pengalaman beliau di Lionbridge

Lionbridge adalah perusahaan yang meyediakan layanan data yang umumnya akan digunakan untuk pengembangan mesin Artificial intelegent (AI) alias kecerdasan buatan.

Lionbridge merupakan perusahaan asal Amerika Serikat dengan nama perusahaan lengkapnya adalah Lionbridge Technologies, Inc.

Di Indonesia sendiri sudah banyak yang bergabung bersama Lionbridge dan mengerjakan tugas-tugas yang disediakan. Keuntungan lionbridge adalah kita dapat bekerja di rumah dengan menggunakan jaringan internet dan perangkat keras laptop atau PC dan juga smartphone.

Hal ini tentu dapat membantu kita yang menginginkan pekerjaan sampingan tanpa meninggalkan rumah, karena di Lionbridge kita bisa bekerja secara online di rumah kita sendiri.

@Thewebadventure mengungkapkan sendiri baru mengenal situs LionBridge ini sekitar tahun 2018, ketika ingin mencari penghasilan lewat internet, ditemukanlah Lionbridge dan Appen. Kedua situs tersebut merupakan situs yang menyediakan pekerjaan secara remote, artinya kita bisa bekerja dimana saja asalkan terhubung dengan koneksi internet dan memiliki laptop atau komputer.

Perbedaan antara Lionbridge dan Appen adalah Lionbridge lebih condong dengan project yang berasal dari Google, sedangkan Appen lebih condong pada project dari Apple.

Saya tentu mencoba keduanya ungkap @Thewebadventure, namun ketika saya mencoba melamar tidak ada sama sekali panggilan untuk mengikuti Tes, sehingga saya pun meninggalkan kedua situs ini.

Pada 2019 saya kembali mencoba LionBridge karena ada teman saya yang sudah diterima dan bekerja secara remote di LionBridge pada saat itu.

Lalu saya kembali mencoba untuk melamar di LionBridge saya kembali memulai dari awal dengan mendaftarkan email baru dan mengisi biodata dengan lebih teliti dan menggunakan Bahasa Inggris yang lebih baik.

Pada Bulan Mei akhirnya saya mendapatkan “Surat cinta” dari Lionbridge mengenai saya yang dapat melanjutkan ke proses seleksi sebagai Internet Assesor dengan gaji sekian USD perjam nya.

Lalu saya membalas email tersebut bahwa saya menyetujui gaji tersebut dan bersedia mengikuti seleksi untuk bekerja di LionBridge.

Setelah itu saya diberikan akses untuk masuk ke website untuk ujian, dan diberikan panduan berupa file Pdf sebagai General Guidelines yang berisi teori-teori mengenai pekerjaan yang akan saya lakukan bila lolos tes.

Saya pun diberikan jadwal ujian pada tanggal 22 Mei 2019.

Ujian ini berlangsung selama 7 hari dengan 3 Task atau 3 Type Soal. Karena waktu yang panjang saya memutuskan untuk membaca-baca terlebih dahulu teori yang diberikan agar setidaknya saya tidak blank ketika mengerjakan tes tersebut.

Ketika sudah siap saya pun mengambil Test pertama yaitu Ujian Teori. Ujian ini berupa pilihan ganda dan hampir semua jawabannya dapat saya temukan di file teori yang diberikan LionBridge. Dalam mengejarkaan tes pertama ini, saya membuka file teori tersebut dan mencari kata kunci dari soal dengan menggunakan Ctrl + F, alias find atau mencari.

Ketika kata kunci ditemukan biasanya jawaban pun ditemukan. Ujian teori ini bisa dibilang yang paling mudah, disini diperlukan ketelitian dan kesabaran karena solanya tidak sedikit tapi puluhan.

Setelah mengerjakan test pertama saya pun langsung mendapatkan hasilnya bahwa saya lulus dan berhak melanjutkan ke Test berikutnya.

Bila kita gagal di tes pertama, maka kita tidak bisa mengulang dan bahkan dilarang melamar diposisi yang sama, jadi memang harus teliti ketika mengerjakan soalnya hehe.

Di tes kedua saya tidak langsung mengerjakannya hari itu juga, tetapi saya menunggu esok hari karea menurut saya, perlu waktu dan energi yang lebih fresh mengingat soal berikutnya pasti juga akan butuh ketelitian.

Tes kedua ini berupa praktek untuk menilai suatu halaman dalam sebuah Web, disebut sebagai Page Quality.

Pada test ini saya masih menjadikan file teori yang diberikan sebagai kunci utama, dari setiap soal yang muncul saya biasanya mencari contoh soal yang mirip dengan soal pada tes lalu memutuskan jawaban apa yang akan saya berikan.

Hasilnya ternyata memuaskan dan saya lolos untuk menghadapi tes ketiga.

Pada test ketiga ini saya kembali menghadapi soal praktek, kali ini saya diminta menilai hasil dari pencarian di google apakah sesuai atau tidak dengan kata yang diminta user.

Sama seperti pada tes kedua, saya mengerjakan tes tersebut di keesokan harinya dan ketika mengerjakan tes saya selalu mencari soal yang mirip atau satu tipe dengan soal pada tes tersebut.

Setelah selesai mengerjakan soal-soal tersebut, saya tidak langsung mendapatkan pembritahuan dari Lionbridge tentang kelolosan saya.

Saya harus menunggu dua hari untuk mendapatkan hasil test tersebut dan hasilnya saya lolos menjadi anggota Lionbridge.

Lionbridge lalu memberikan saya email ini, yang disebut sebagai tanda “Sah” bahwa saya menjadi bagian Lionbridge. “Welcome to the Program”

Setelah itu saya diberikan link untuk dashboard sebagai “karyawan” lionbridge dan juga portal untuk bekerja.

Dalam bekerja di LionBridge saya biasanya bekerja di Malam hari atau Pagi hari, karena masih bekerja sebagai karyawan di dunia nyata hehe.

Ketersedian “Task” untuk saya kerjaan setiap harinya tidak lah tentu jumlahnya, kadang banyak kadang tidak ada sama sekali dan yang paling sering Task muncul di jam kerja dan tentu saya tidak bisa mengerjakan Task tersebut hehe.

Bisa dikatakan saya belum maksimal kerja di LionBridge ini karena belum bisa mengerjakan banyak Task, tapi sepertinya LionBridge masih menilai waktu kerja saya masih wajar sehingga tidak mendapatkan teguran.

Untuk bayaran di LionBridge, saya selalu mendapatkan bayaran di akhir bulan sekitar tanggal 20an, hampir tidak pernah sama tanggalnya setiap bulan karena perlu proses penukaran uang dari USD ke Rupiah. Tapi yang pasti hingga saat ini LionBridge masih tetap membayar dan bukan Scam.

Bukti Pembayaran Lionbridge

Semoga pengalaman dari akun @Thewebadventure bermanfaat sebagai referensi bagi kita semua, see you nect article 😁

Follow us Infokerjambi.blog

--

--